Menjadikan komputer mudah dipahami

Kamis, 04 Agustus 2011

“Mengenal Hardware Komputer"

"Mengenal Hardware Komputer "

1.Motherboard
Motherboard / Mainboard merupakan sebuah Papan rangkaian utama yang berfungsi sebagai media untuk mengintegrasikan semua komponen komputer, dari mulai Peralatan masukan (input), Peralatan proses  Peralatan Penyimpanan (storage Device) yaitu Hardisk, Peralatan peripheral seperti  VGA Card ( Video Graphic Adapter), Sound Card.
Untuk beberapa jenis motherboard, pada umumnya sebuah motherboard selain sudah mempunyai Perangkat I/O (pararel, serial, USB, PS/2) Motherboard juga biasanya  sudah memiliki VGA, Sound, LAN dan modem Internal sendiri, namun tentunya dengan spesifikasi yang terbatas, jadi jika kita tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi untuk VGA, Sound dan juga Modem, kita tidak perlu menambahkannya secara eksternal.
2.  RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah memori yang dapat di isi dengan  program dan data selama aliran listrik masih hidup Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isi nya.
3.Harddisk
Harddisk merupakan salah satu media penyimpan (Storage Device), berbeda dengan RAM yang hanya dapat menyimpan data pada saat ada aliran listrik saja, Hardisk dapat menyimpan data yang telah tersimpan dengan baik walaupun aliran listrik padam, saat ini dikenal 3 tipe hardisk yaitu:
1. ATA
2.Serial Ata (SATA)
3.External Hardisk/ portable hardisk.
Adapun pada hardisk jenis ATA ataupun SATA menggunkan Cakram sebagai media penyimpanan. sedangkan untuk external Hardisk Biasanya sudah menggunakan CHIP EEPROM dengan kapasitas penyimpanan yang besar namun dengan ukuran fisik yang kecil.
4.  Processor
Processor merupakan salah satu bagian terpenting dalam komputer, karena processor inilah yang menentukan jenis suatu komputer, adapun wujud processor ini adalalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang kapasitasnya bermacam-macam dimulai dari 8bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Adapun fungsi utama dari processor ini adalah sebagai otak komputer. adapun jenis dari processor pada gambar diatas adalah intel Celeron dengan kecepatan 1.7 Ghz dengan kapasitas L2Cache 128kb

5.  Power Supply
Power Supply merupakan perangkat catu daya atau pemberi daya listrik untuk seluruh Pelaratan komponen Komputer kecuali monitor printer dan perangkat output external lainnya, Komponen Komputer saya bekerja pada tegangan DC 3.3 V, 5V dan 12V, sementara PLN menyediakan tegangan AC 220V, Jadi tugas utama Power Supply adalah merubah tegangan AC 220V yang disediakan PLN Menjadi tegangan  DC  3.3V, 5V dan 12 V yang dibutuhkan oleh komponen komputer, kemudian mendistribusikan tegangan tersebut kepada komponen yang terdapat pada komputer itu sendiri.

6. CD-ROM
CD ROM merupakan alat untuk membaca data di dalam CD (Compact Disk) CD adalah memori eksternal yang berupa piringan yang besarnya sama dengan disket berukuran 5 ¼ inch, tetapi dapat menampung data sampai dengan 702 MB.
7. Keyboard
Keyboard  merupakan media input yang merupakan sarana pendukung utama untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus, serta sarana untuk memberikan perintah dari user (pemakai komputer)  melalui tombol-tombol yang ada.

8.  mouse
Mouse merupakan media input yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secarapraktis dan cepat pula.
9.  monitor
Monitor  merupakan salah satu Peralatan keluaran (Output Device) yaitu alat  untuk menampilkan data informasi dari komputer kedalam media penampil, dalam hal ini layar, adapun jenis layar monitor saat ini sudah bermacam-macam  ada jenis CRT, LCD, LED.

10. Kabel IDE
Sebagai kabel yang berfungsi untuk  mengkomunikasikan data dari atau menuju Socket IDE pada motherboard.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan